Selasa, 29 Mei 2012

Pengenalan Perangkat Jaringan

Perangkat-perangkat jaringan komputer antara lain :










   
 1. ROUTER.      
ROUTER adalah peralatan yang utama dalam wide area network (WAN).Informasi paket data( paket data) dapat diteruskan kealamat-alamat yang berjauhan dan berada pada network yang berlainan.Hal ini dapat dilakukan oleh hub,bridge,switch,.Pada router proses seleksi  atau per-routeran dilakukan pada network layer.





                                                      2. KABEL UTP.          
KABEL UTP atu kabel RJ 45 terdiri dari 4 pasang kabel tembaga yang terpuntir sebuan selubung luar.Ada dua metode yang digunakan untuk menghubungkan komputer menggunakn kabel ini  yaitu: crossover dan straight.




 

3. Kartu Ethernet Card (NIC).
Disebut jg network interface card (NIC).Pertama kali dikembangkan di laboratorium Xerox Palo Alto Research Center kalifornia.Kartu ethernet lazim digunakan untuk sarana menerima dan mengirim data melalui kabel jaringan.
                                 


4.MODEM.
MODEM adalah singkatan dari mudulatordemodulator .Modem lazim digunakan untuk menghubungkan sebuah komputer ke sebuah server dengan menggunakn jalur telefone sebagai sarana komunikasi.
umumnya orang sekarang menggunakan modem untuk menghubungkan jaringan yang lebih besar yaitu INTERNET.




5. REPEATER.
Adalah akses pont yang digunakan untuk untuk memperkuat jangkauan sinyal wifi yang belum tercover oleh sinyal server agar bisa menangkap sinyal wifi .Perangkat repeater dibagi menjadi 2alat yaitu:.untuk menerima sinyal dari server (client) dan untuk menyebarkan lagi ke  wifi (aksespont) perangkat repeater 2 adalah perangkat agar pekerjaan dari pada radio atau aksespontnya yidak saling silah. jadi sudah bagi tugas antara penarima (client) dan penyebar (aksespoint).Paket repeater sendiri tanpa mengurangi bandwitch yang dshring.Paket repeater sendiri ddesain demikian rupa agar mampu menjangkau daerah" yang lemah sinyal dari server.



6.SWITCH.
SWITCH adalah sebuah perangkat keras yang memungkinkan terjadinya distribusi paket data antar komputer dalam jaringn dan mapu untuk menganali topologi jaringan dibanyak layer sehingga paket data dapat lansung ke tujuan


7.HUB
HUB  adalah perangkat jaringan yang sederhana. Tidak mengatur alur jalannya data dalam jaringan  jadi setiap paket data yang melewati hub akan dkirim ke (broadcast) ke semua port yang ada hingga paket data itu smpai ketujuan......                                               







8.  BRIDGE
Bridge adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan  untuk memperluas jaringan atau membuat segmen  jaringan. Jembatan jaringan beroprasi dalam lapisan data link pada model (OSI).


                                                    


                                                                                                                
  1. ROUTER berada pada layer network  
  2. KABEL UTP berada pada layer physical
  3. KARTU ETHERNET (NIC) barada pada layer physical
  4. MODEM berada pada layer physical
  5. REPEATER brada pada layar physical
  6. SWITCH brada pada layer data link
  7. HUB berada pada layer physical
  8. BRIDGE berada pada layer data link

Tidak ada komentar:

Posting Komentar