Selasa, 29 Mei 2012

Perbedaan Hub dan Switch

Perbedaan antara switch dan hub


- Switch adalah sebuah perangkat kerasa yang memungkinkan terjadinya distribusi packet data antar komputer dalam jaringan dan mampu untuk mengenali topologi jaringan di banyak layer sehingga packet data dapat langsung sampai ketujuan.

- Hub adalah perangkat jaringan yang sederhana. Hub tidak mengatur alur jalannya data di jaringan, jadi setiap packet data yang melewati Hub akan dikirim (broadcast) ke semua port yang ada hingga packet data tersebut sampai ketujuan.


Perbedaan HUB dan Swicth terletak dari bagaimana packet data / informasi yang dikirim kepada mereka di proses. Ketika data masuk atau datang ke HUB, hub akan mengambil data tersebut dan akan mentransmisikannya ke setiap komputer yang terhubung ke jaringan.
tetapi lain hal nya dengan swicth, ia akan menerima data tersebut dan hanya akan mengirimnya kepada komputer yang berkepentingan menerima data tersebut.

Kesimpulan =>

Dari keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa switch lebih baik dari hub, baik secara perbandingan konseptual maupun cara prinsip kerjanya. peredaan cara kerja ini menjadi perbedaan mendasar antara Hub dan Switch.

Perbedaan ini pula mengakibatkan transfer data switch lebih cepat dari pada hub, karena switch langsung mengirim paket data ke komputer tujuan, tidak mengirim ke seluruh port yang ada (broadcast) sehingga bandwidth yang ada pada switch dapat digunakan secara penuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar