Sabtu, 30 Juni 2012

Free Screen Recorder


Untuk membuat CD tutorial atas program-program tertentu dibutuhkan dukungan rekaman (record) layar / screen. Untuk tujuan itu dibutuhkan program / software yang dapat merekam layar. Di internet, kita dapat menemukannya dengan mudah, baik yang berbayar maupun yang gratisan. Bagi yang berkantong tebal, mungkin tidak menjadi masalah. Bagi yang berkantong tipis, tidak perlu kuatir, karena banyak program gratisan yang mempunyai kualitas yang tidak kalah dengan yang berbayar. Salah satu freeware tersebut adalah Free Screen Recorder. Dengan freeware ini, kita dapat membuat rekaman pada layar/screen dengan mudah dalam format avi.
Freeware dengan ukuran file yang lumayan kecil ini dapat Anda download di http://www.nbxsoft.com/screen-recorder.php.
Setelah berhasil mendownloadnya, kita dapat langsung menjalankannya dan tampilan awalnya adalah seperti screenshot di bawah ini.
Sebelum melakukan perekaman, kita dapat melakukan pengaturan terlebih dahulu, seperti pengaturan untuk area rekaman yang dapat diatur melalui menu General Option, opsinya adalah normal region, fixed region, dan full screen.
Freeware yang berkapasitas 592 Kb ini memberikan opsi atas aktivitas mouse, di mana kita dapat menampilkan atau pun menyembunyikannya pada saat recording. Pengaturan lainnya adalah pengaturan hasil video yang mencakup video codec, framerate, audio codec dan frequency.
Selain dapat merekam aktivitas layar, Anda pun dapat merekam audio dengan format yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dengan mengakses menu Option – Audio Options.
Selain itu, untuk kepraktisan dalam mengoperasikannya,freeware ini menyediakan Hotkeys untuk Record/Pause (F8), Stop (F9), dan Escape (membatalkan) rekaman.
Untuk lebih jelasnya, silakan mencoba sendiri, ya!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar