Sabtu, 30 Juni 2012

Menyembunyikan Context Menu Pada Windows Explorer


Ketika mengklik kanan pada file/folder pada Windows Explorer, kita akan mendapati menu-menu yang muncul dan berbeda-beda tergantung jenis/type file/folder yang kita pilih. Menu-menu tersebut bertujuan untuk mempercepat akses eksekusi tanpa harus melalui menu bar. Namun karena alasan tertentu (misalnya alasan security), kita dapat menyembunyikan menu tersebut sehingga user tidak dapat mengakses lagi context menu tersebut. Jika tertarik, silakan ikuti tipsnya berikut ini bersama Tips dan Trik Komputer.
Seperti biasa, untuk membuat tips tersebut di atas, kita akan menggunakan salah fitur Windows gpedit.msc dan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
Pertama, jalankan gpedit.msc dengan cara klik Start >> Run >>kemudian ketik “gpedit.msc” dilanjutkan dengan ENTER hingga muncul jendela group policy editor.
Kedua, User Configuration\Administrative Templates\Windows Components\Windows Ecplorer\
Ketiga, pada panel sebelah kanan, pilih (klik double) pada “Remove Windows Explorer’s default contex menu”, seperti screenshot di bawah ini.
Keempat, kemudian akan muncul jendela “Remove Windows Explorer’s default context menu Properties, seperti di bawah ini.
Kelima, kemudian pilih “Enabled
Keenam, kemudian klik OK.
Ketujuh, selesai
Sekarang, cobalah untuk mengklik kanan salah satu folder atau filedan kemudian perhatikan apa yang terjadi. Kita tidak dapat melihat lagi context menu yang muncul, bukan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar